Sekilas Mengenai Adobe Flash CS 3

Yups.. Bukan Macromedia Flash lagi ya.. Tapi Adobe Flash... jangan lupa hehehe..

Untuk memprogram flash kita menggunakan suatu bahasa yang dinamakan Actionscript. Actionscript ini mirip-mirip javascript, jadi kalau sudah Familiar dengan javascript, nggak terlalu susah untuk pindah kesini.

Yang harus diperhatikan adalah sekarang Actionscript sudah mencapai versi 3, dan dikenal dengan nama Actionscript 3.0. Perbedaan antara tiap versi bisa dikategorikan cukup drastis, terutama perbedaan antara Actionscript 2.0 sama 3.0. Versi 3.0 ini dikatakan Full OOP. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas dulu apa itu actionscript.

Menurut definisi dari Adobe, Actionscript adalah bahasa script pada flash yang berfungsi untuk membuat aplikasi flash yang dapat berjalan secara nonlinear dan memiliki fungsi-fungsi complex.

Defenisi yang cukup membingungkan kalau kita belum terlalu mengenal flash. Defenisi awamnya gini : Actionscript itu bahasa script tambahan untuk memodifikasi Aplikasi Flash kita agar dapat berjalan secara dinamik, dapat berubah sesuai dengan interaksi antara si Flash dan pengguna (user).

Tampilan Adobe Flash CS 3 Eye Catching abis.. Dibanding Flash 8, tampilan ini cukup meringankan beban otak kita yang tersibuk mikir cara agar aplikasi flash kita nggak error.

Di Adobe Flash CS 3 kita diberikan 2 pilihan dalam membuat Aplikasi : kita dapat menggunakan Actionscript 2.0 (AS2) atau menggunakan Actionscript 3.0 (AS3). Yups bebass.. Tapi akan lebih baik untuk memilih menggunakan AS3 walau pun untuk beberpa orang, konsep OOP pada AS3 akan cenderung memusingkan. Namun disamping itu, pada AS3 ini terdapat fungsi-fungsi yang lebih lengkap dalam penanganan event dan komunikasi antara client dengan browser.

Kebanyakan pada Tips-tips yang akan gw tulis ini gw justru pake AS3. Selamat Menikmati Tips AS 3 Pada Postingan berikutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

...read them below or add one