Nomor Telepon 959 (yang kemudian menjadi complain ke Indosat)

Tadinya saya meredact nama operator dan pihak terkait, tapi karena respon yang menyebalkan, saya masukan lagi biar jadi bahan referensi untuk korban-korban lain *halah*


Beberapa hari ini sebuah nomor unik ’959′ menelepon ke handphone dan saat pertama angkat terdengar sayup2 suara lagu ga jelas dan suara otomatis cewek yang menawarkan lagu tersebut.

The thing about that is

- Aku ga pernah pake RBT, kalaupun ada, itu pasti RBT promo acak yang biasanya di-assign dalam rangka promo ke sebuah nomor untuk pembunuhan karakter :D
- 959 menelepon di jam kerja (antara jam 9 sampe 10) dan tidak memandang hari, hari kerja maupun hari libur.
- Dia menelepon beberapa kali dan itu menganggu, okelah I can live with SMS “anda memenangkan blabla, ketik REG blabla”, tapi menelepon is too much.
- Prabayar maupun pascabayar tetap jadi korban 959 (hasil google menunjukan yang pake Matrix juga kena)


And that is faw-ing annoying, sampe sekarang belum dapet providernya siapa, kalo ini ulah content provider nakal dan dibiarin sama Operatornya, I definitely will quit that operator grr

Solusi
menghindari gangguan bisa dengan memanfaatkan fitur blacklisk/auto-reject dari handphone (kalau ga ada fitur itu selamat! anda harus hidup dengan gangguan semacam ini…)

Kalau di handphone Android (Froyo) tinggal masuk ke Setting -> All Calls -> Auto Reject -> Enable Auto Reject

Trus masukin nomor-nomor yang mau direject di Auto Reject List, di reject list aku ada Unknown dan 959 :)

Untuk yang ga punya fitur itu, kembangkan reflek untuk menekan tombol merah/reject kalau melihat nomor telepon 959 :)

Update:


Googling menemukan blog ini, dan baca-baca dari commentnya.. whatever you do jangan pernah SMS ke nomor 959 karena katanya itu dianggap registrasi otomatis

Googling menemukan forum ini, disana user yang bersangkutan menggunakan kartu Pasca Bayar .

Googling-googling lebih dalam menemukan situs ini in which adalah sebuah Content Provider dan ada logo Operator yang aku pake, aku mencoba mengontak customer service Indosat-nya untuk menanyakan apa gangguan kaya gini mereka halalkan, dan apa ada cara untuk berhenti dari gangguan ini (karena aku merasa ga pake layanan apapun yang berhubungan sama gangguan 959 ini)

Email ke cs-nya nanyain perihal 959, emailnya kaya gini

Hi Indosat CS, Saya mau bertanya apakah layanan nomor 959 itu milik kalian? karena nomor ini selalu menelepon saya dengan promo di jam 9-10 pagi. Di hari kerja maupun liburan. Saya tidak merasa berlangganan layanan ini, jadi apakah ini bentuk dari promo? ada cara untuk menghentikannya (or should I live with it?)

Balesannya mantep banget….

Saya X dari PT Y dengan senang hati membantu memberikan informasi sehubungan dengan permintaan Bapak/Ibu mengenai penghentian layanan sms content. Untuk memudahkan dalam proses pengecekan, kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk melengkapi data-data sebagai berikut: Nama Pelanggan Nomor seluler pelanggan Nomor alternatif Isi sms dari 959 Pulsa terpotong bila menerima sms dari 959 Waktu terakhir menerima sms dari 959


Laah, siapa yang ngomongin SMS content… uda lama dibalesnya, balesannya email template banget (tanda kalau banyak yang menghubungi CS atas gangguan SMS content)

Email keluhan aku dibaca ga sih >_<

Aku bales lagi deh…

Saya bilang di email saya dibawah “nomor ini (959 .red) selalu menelepon saya dengan promo di jam 9-10 pagi. Di hari kerja maupun liburan” jadi saya tidak complain mengenai SMS content, melainkan telepon promo yang menganggu. Dan saya rasa sudah mengisi informasi lengkap yang kamu minta di form isian saat mengirim email ini ke … (alamatnya disini)

Nama: sheila Nomor: 0856 40****** Isi SMS: Dan sekali lagi 959 tidak meng-SMS saya, melainkan menelepon Waktu terakhir: Tadi pagi, jam 9 (beberapa hari lalu antara jam 9 – 10)Maaf jika email saya kurang jelas sebelumnya, yang saya tanyakan adalah:

959 itu nomor content promo dari operator? ada cara untuk menghentikannya? (atau instansi untuk melaporkannya?)

Regards, Sheila


Dibales lagi sih, kira-kira isinya adalah bahwa keluhan aku akan ditindak lanjuti. Kita tunggu saja, apakah ada perubahan :)

CSnya ga bales sebenarnya kalau kita bisa melaporkan hal-hal seperti ini ke BRTI. (terutama jika pulsa kamu tercuri tanpa sepengetahuan kamu, misalnya tiba-tiba teregistrasi content REG spasi blablabla).

Aku selalu benci kalau CS membalas dengan “akan kami tindak lanjuti” tanpa usaha untuk mengkonfirmasi atau tanggal pasti tindak lanjut itu akan diurus. Soalnya hari ini 17/03/2012 nomor 959 masih saja menelepon pagi-pagi. So aku email lagi.. belajar dari email-email sebelumnya aku bikin email yang pendek.

1. Kalau boleh tahu tindakan apa dan kapan kira-kira akan mulai berlaku? 2. Kerjasama Indosat dengan CP ini apakah termasuk “membiarkan CP menelepon pelanggan di jam 9-10 di hari yang acak untuk kegiatan promo mereka”?

Dibales lagi, pertanyaan diatas tidak dijawab dan dibales simple

Ketik STOP dan kirim ke 959

Kenapa dia ga jawab begitu dari dulu :| , aku coba ketik STOP dan sms ke 959. Tidak ada respon apa-apa dari 959nya dan besoknya masih ada saja 959 nelepon. (Dan inilah nasib customer di Indonesia sheesh)

Aku bales lagi kalau STOP ke 959 itu tidak berfungsi, dan kalau ini bentuk promosi umum tidak semua customer dapet promosi yang sama bukan, dosa apa aku mesti digangguin tiap siang? baiklah, seharusnya aku aware sarkasme aku ga akan direspon. Orang nanya bener-bener juga ga DIJAWAB.

Yah well, mari menunggu :)

Kesimpulan So Far:

Indosat harus melatih CSnya untuk menjawab pertanyaaan *sigh* (dan memahami sarkasme)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

...read them below or add one